Fotografi untuk Semua

Memotret “Jatilan” di kerumunan…

Posted on: 8 Januari 2013


Liburan akhir tahun 2012 lalu, kebetulan saya sempat menonton acara seni budaya Jogjakarta yang sudah cukup poluler, yaitu Jatilan. Acara ini digelar di balai desa “Bangunkerto”, Kecamatan Turi, Kab. Sleman, Yogyakarta. Sudah kebayang dong, ramainya penonton. Halaman balai desa yang tidak terlalu besar, dipasangi tenda, tempat para rombongan penari Jatilan beraksi, plus panggung untuk para pemain musiknya. Jatilan seperti kuda lumping, dimainkan oleh belasan penari. dan uniknya setiap penari, mempunyai peran masing-masing. Ada yang menjadi Buto, hanoman, penunggang babi dan tentunya para penunggang kuda-kudannya.

Image

Begitu melihat situasi sebentar, saya langsung tahu, gear apa yang cocok untuk acara yang riuh, ramai dan padat penonton ini. Saya hanya menyiapkan DSLR dengan lensa 80-200 f/2.8. Langsung saya siapkan strategi untuk dapat menembus kerumunan penonton. Saya pakai topi gunung (seperti topi koboy tapi dari bahan kain yang lunak), kamera dan lensa “nyantol” di leher. Bergaya seperti wisatawan sekaligus fotografer, nyelip-nyelip dan langsung naek ke atas panggung. Wuiiih, walaupun tidak mudah, ternyata begitu sampai di atas panggung, ternyata cukup nyaman untuk memotret, karena bidikan saya tidak terhalangi oleh kepala-kepala penonton.

Image

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

foto-foto kebanyakan saya ambil perorangan, karena kalau saya ambil group, saya tidak suka dengan latar belakangnya yang terlalu kacau balau dan agak susah membuat blurnya.

ini beberapa teknik pemotretan yang saya aplikasikan:

1. pakai lensa 200mm dengan bukaan maksimum f/2.8 sampai 4 (Aperture priority)

2. Setting ISO 200 – 400 (karena penari beraksi di bawah tenda, jadi agak gelap)

3. Usahakan sudut pandang pemotretan sejajar antara kamera dengan wajah penari. Hampir semua pemotretan saya lakukan agak sedikit menekuk dengkul, agar dalam sejajar dengan wajah penari.

4. Motret sebanyak mungkin….pilih kemudian.

Image

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Karena prosesi tarian ini begitu lama,…saya tidak tahan menunggu sampai selesai. Pengap, gerah dan yang tidak tahan….maaf, agak bau badan,…maklum para penarinya semua berkeringat hebat dan hampir top less semua…

4 Tanggapan to "Memotret “Jatilan” di kerumunan…"

wah tau di jogja bisa ikut nih… hehehehe… kabar-kabar mas klo ke jogja

Hehehehe…Okeh Mas Muhadi Tri…

Mantep2 fotonya mas..
salam kenal

Makasih dan salam kenal juga Mas…

Tinggalkan Balasan

Budi Purnomo

Haloo,..Saya yang ngelola Blog ini. Salam kenal !! Saya hobies beraat fotografi dan dengan senang hati dapat berbagi ilmu fotografi kepada Anda. Anda ingin ilmu, tips and trick dan wawasan yang lebih dalam lagi? Silahkan bergabung di website belajar fotografi online saya (fotoindah.com), maka, foto indah akan anda hasilkan !!! Ok, semoga blog ini bermanfaat dan terus lah memotret. Salam...

Kategori Tulisan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

