Fotografi untuk Semua

Pantai Santolo-Pameungpeuk, Garut

Posted on: 25 Juni 2010


Kalau dengar kata pantai, apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran anda? Pasir Putih!!! yah, itu juga yang terlintas di pikiran saya. Pantai Santolo, memberi jawaban itu! Pasir putih, landai, sensasi ombak yang menawan serta ikan bakar yang memanjakan lidah. Saya terkesan dengan hamparan pasir putih yang cukup panjang di pantai santolo. tipe pasir putihnya pun cukup halus dan lembut. Hamparan pantai yang landai, membuat nyaman sekali tidur-tiduran di hamparan pasir. pokoknya dari sisi alami, pantai ini punya potensi yang menjanjikan, sebagai tempat wisata untuk keluarga.

Lepas tol cileunyi, jarak menuju pantai ini sekitar 112 km, terlihat cukup jauh yah! Tapi kalau anda termasuk jenis orang yang “memasukan perjalanan juga sebagai bagian dari wisata”, saya jamin, perjalanan sejauh itu sangat menyenangkan. Akses jalan mulai dari kota Garut sampai Pantai Santolo, sangat baik (aspal mulus dan lebar jalan cukup), hanya sedikit sekali hambatan jalan berlubang atau jalan rusak. Yang paling menonjol dari perjalanan antara kota Garut sampai Pameupeuk adalah kondisi pemandangan kiri kanan jalan yang sangat bervariasi. Kita akan melewati kota-kota kecamatan dengan toko-toko atau pasar yang khas, kawasan hutan, persawahan dan kebun teh.  Mata kita akan disajikan dengan panorama yang memanjakan mata. Bagaimana tidak, kita melintasi bukit-bukit yang asri, sejuk dan tentu dengan sensasi jalan berliku yang menyenangkan. Pokoknya, perjalanan yang menyenangkan deh.

Di kawasan pantai Santolo, seperti kebanyakan kawasan wisata pantai di indonesia, di isi dengan banyaknya rumah makan sea food dan penginapan-penginapan murah meriah. Kalau anda tidak berkeberatan untuk sedikit kepanasan, ada banyak penginapan dengan kelas 50rb s/d 100 rb permalam di sana. lokasi penginapan tepat di pinggir pantai, sehingga dalam tidurpun, anda dapat menikmati deburan ombak pantai selatan yang menggelegar! Wisata kuliner dengan berpuas ria menikmati sea food pun cukup murah…ikan kerapu/kakap/kue sudah dapat anda nikmati sesuai selera anda hanya dengan 60-70rb per kg dalam kondisi sudah matang dan siap santap!!!

Anda bosan dengan pantai dengan pasir putih yang landai?, dengan menyebrangi muara (bayar ongkos perahu 2rb/orang), anda sudah berada di sisi pantai santolo yang berbeda. Di sisi muara ini, pantainya di dominasi dengan karang-karang (pantai karang), sehingga apabila sedang surut, anda bisa bermain ke tengah lautan, melewati karang-karang keras yang ada di sana!…cukup lengkapkan, sajian pantai yang disuguhkan di Pantai Santolo-Pameungpeuk ini!

Spot pantai Santolo sebenarnya cukup bagus untuk anda yang hobi fotografi. pasir putih, karang, ombak, hutan, perahu nelayan, sunset, awan dan banyak lagi…sayangnya pas saya ke sana, cuaca mendung dan hujan. Tapi itu tidak menyurutkan semangat untuk berfoto ria…

Satu catatan negatif saya adalah kebersihan pantai….di sisi paling luar pantai santolo, cukup banyak sampah-sampah plastik dan material sampah lainnya. Tadinya saya pikir pengunjung neh yang paling bertanggung jawab untuk sampah ini. Ternyata, dugaan saya tidak 100% bener. Saya memergoki 2 kali. Para pengusaha restoran dan penginapan di sana, membuang 3 ember sampah dengan santainya di pinggir pantai, tepat di belakang tempat usaha mereka. Mereka buang, dan mempersilahkan ombak, untuk menyeret sampah tersebut di laut (padahal sebagian sampah itu, kembali lagi ke pantai). Mereka menjadikan pantai dan laut santolo dengan pasir putih yang indah itu sebagai TPA (tempat pembuangan akhir) dari sampah hasil proses produksi mereka!!! Saya coba ngobrol dengan mereka,,,di jawab ringan saja, “iya, emang susah pak dibilangin, dan semua orang juga begitu sih pak!!!!”  Wah, kalau tanpa usaha pencegahan bersama, saya takut pantai ini, lama kelamaan menjadi pantai sampah, dan di jauhi wisatawan!!! siapa juga yang rugi kalau begitu???

Mudah-mudahan, kalau anda ke sana, anda ikut mengingatkan mereka untuk mulai mengelola sampah dengan cara yang baik dan benar, tanpa perlu mengorbankan pantai santolo yang indah itu.

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

About these ads

30 Tanggapan to "Pantai Santolo-Pameungpeuk, Garut"

pak … pantai santolo ini dekat sekali dengan lokasi peluncuran roket nya LAPAN … coba sekali-kali mampir ke sana.

Betul banget…pengen mampir, tapi ketemu siapa?…Dede kan ada di Bintaro !!! hehe

ya pemandangan santolo sangta layak dinikmati ,,,,,,,,,,,

http://hajivw.multiply.com/photos/album/56#photo=60

pantai santolo memnag indah sekali,enak buat liburan,santai,main main bareng temen juga keluarga….

ya q jg orang pameungpeuk asli main ke santolo dong

minta informasi dong mas mengenai rute jalurnya dan ‘jajan’ lainnya. apakah ada atm terdekat atau minimarket di dekat area pantai santolo. thanks before … :)

Wah,..kalo rute jalan,…sy cuman ikuti arah ke Pameungpeuk ajah…ATM & mini market, logikanya, ada!..dari pantai santolo ke area keramaian di Pameungpeuk deket kok!

ke aku aja ..
klw mwu maen mh ke panty santolo ……
mampir dllu ke rumh aku brayyy ….>>

Wahhh pengen ke sana ihhh…

kira2 lebaran penuh ga ya sm pengunjung?saya mau kesana sama keluarga..penginapan banyak jg ga ya?

spertinya lebaran rame deh, ..penginapan cukup banyak, hanya sangat sederhana!!!

Buat yang mau sewa kamar di seputaran wilayah Pameungpeuk ( Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo dan Pantai Ranca Buaya), bisa menghubungi Pameungpeuk Tour di http://www.facebook.com/pages/Pameungpeuk-Tour-Tourist/184586298261077

Terimakasih,

Nah, tuh,…enakkan udah ada yang mengatur akomodasi kalo yang mau maen ke Pantai Santolo..tks

Ini si si empunya tetangga ane.. tapi siapa ya admin ni FB ?? he.. salam sapa aja buat teteangga sebelah.. ha..ha..

ea bener bngt by jga suka n seru jdi k pngen maen uge deh kenah

pengen lagi kesana br000

jadi pengen pulang ke garuttttttt… :)

pantai nya indah banget,,,ombaknya menantang dengan karang2 yg bertebaran ,,, rekahan rekahankarang yang terlihat dengan ikan ikan kecil yg hidup di sana…..hmmmmmm,,,, mempesona. tapi terlihat kurang ditangani dengan baik, sehingga banyak area area yang kumuh dan jorok…. but I love this place anyway…..

nice blog. kang nitip video saya yah kang di blog akang . ini linknya. cek aja dulu videonya. smoga membantu orang2 yg mau liburan ke santolo

cahya GBSH,,,,,,PANTAI SANTOLO PALING TERINDAH,,,,,,,,,,PEMANDANGANYA INDAH2

btw, di santolo boleh berenang ga ya? ombaknya gede ga?

Boleh berenang tetapi berhati-hati, karena ombaknya cukup besar..

Sedikit info.. rute dari arah kota garut menuju cikajang lurus aja nanti obos-obos akan nemuin view yg indah-indah kaya kebun teh, sawah, pegunungan…. jalan berkelok kelok lumayan bikin mual buat yang pertama kali. Enaknya sekarang jalan uda bagus aspal mulus….
ada 1 hotel yg cukup nyaman HOTEL ANB (bukan promo ya)
kalo yg mu di pantainya bisa sewa kamar cukup murah sekita Rp. 100rbu / hr. Harga makanan seafood masi relatif murah.
Info lebih lanjut bisa ke mari http://galdul.blogspot.com/
Ada yang buth bantuan buat kemari insya allah saya bantu secara saya orng Pameungpeuk asli.

itu penginapan apa namannya yang deket pantai?

Buanyak … kalo di sebutin 1/1 bisa mentok pe kejedot :)
salah 1 nya penginapan sederhana.. memang sederhana tapi cukup nyaman.. kamar relatif kecil (tp cukup buat ber2) tempat makan lesehan cukup luas … enak buat makan sambil ngeliat keindahan santolo…

Santolo the beauty of natural Beach:D

Pemandangan pantai nya Indah bgt deh pokonya.
nanti jngan lupa maen k ruman yaa, In cikelet village:D

pak’ harga tiket masuk ke pantay santolo, berapa /orang berapa ?

Waduh saya lupa…sepertinya gratis deh..karena sy nginep di losmen pinggir pantai…

soal nya saya dari karawang,jadi saya ingin tau detail tentang tiket masuk nya,karna saya akan berkunjung ke pantai santolo di hari lebaran besok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Budi Purnomo

Haloo,..Saya yang ngelola Blog ini. Salam kenal !! Saya hobies beraat fotografi dan dengan senang hati dapat berbagi ilmu fotografi kepada Anda. Anda ingin ilmu, tips and trick dan wawasan yang lebih dalam lagi? Silahkan bergabung di website belajar fotografi online saya (fotoindah.com), maka, foto indah akan anda hasilkan !!! Ok, semoga blog ini bermanfaat dan terus lah memotret. Salam...

Kategori Tulisan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: