Fotografi untuk Semua

Curug Panjang,,,,alami dan bersih

Posted on: 18 Januari 2010


Setelah tertunda-tunda, akhirnya saya berhasil juga,,,mengunjungi curug panjang. ternyata tidak terlalu jauh yah, hanya 16km dari pintu tol Ciawi.  Setelah memasuki daerah cipayung, mata langsung mencari-cari plang penunjuk,,,dan ternyata mudah sekali,,,begitu ada papan “learning center unilever”,,,langsung belok kiri. Dari jalan utama sampai dengan diklat serse, jalanan masih lumayan lebar (kurang lebih 2 mobil),,,,nah begitu lepas dari diklat serse, jalan mulai menyempit dengan ekstrim,,,lebar jalan hanya pas 1 mobil lebih dikit! Tetapi suasana sisi-sisi jalan mulai menarik dan menyejukkan mata. Mulai dari melewati perkampungan, kawasan hutan, punggung bukit dengan pemandangan daerah puncak…Kondisi jalan masih terbilang bagus (mobil sedan dengan ground clearace rendahpun masih bisa lewat dengan nyataiii),,,walaupun jalanannya kecil, berliku dan menanjak! Kata kuncinya cuman satu….nikmati suasana yang ada. Oh ya, kita dipandu penunjuk arah “menuju curug panjang” di sepanjang perjalanan yang melewati jalan kecil dan berliku itu.

jalan sempit, berkelok, tetapi pemandangannya, top abizz

Saya tidak melihat adanya gerbang pintu masuk khusus….pokoknya tiba-tiba, jalan aspal habis, dan kita sudah sampai di loket pintu masuk “curug panjang”. Tiket masuknya cukup terjangkau (Rp.5500, sudah termasuk asuransi).

curug panjang,,,memang air terjun yang landai dan panjang

Menuju lokasi curug panjang, kita harus melewati jalan batu yang cukup lebar. Kita akan sambut dengan banyaknya spanduk-spanduk peringatan, tentang pentingnya keselamatan, kebersihan, tempat membuang sampah dll….tetapi ternyata itu efektif, karena di area curug panjang itu,,,memang bersih dan bebas dari sampah!!! Sebelum sampai ke curug panjang, kita akan melewati curug sawer, yang kecil mungil.

lokasi camping yang bersih dan terawat rapih…

Jalan berbatu akan pecah dua….ke bawah menuju curug panjang dan lurus terus menuju camping ground. Kalo enggak pengen camping yang, mendingan langsung saja turun ke bawah menuju curug panjang.,,,Sesampainya di lokasi, kita akan menyadari, mengapa ia dinamakan curug panjang. Karena ternyata air terjun itu, turun bertingkat-tingkat dan cukup panjang…..mulai dari air terjun utama yang deras, sampai dengan pecahan-pecahan kecil yang memanjang, melintasi bongkahan batu kali raksasa…..

Di curug panjang, ini ada spot-spot kubangan air yang mengundang kita untuk berenang….sy pun engga tahan untuk tidak segera terjun….bluuuur,,,,seger, dingin dan aduuuuh, kaki saya terantuk batu-batu kali di dasar sungai….tapi, engga apa-apa,,,kapan lagi ” berenang di natural swimming pool”, dengan air jernih, bersih dan tanpa kaporit!!!

the real “natural swimming pool”

Oh ya, satu yang kurang nyaman di Curug Panjang adalah parkir mobilnya di pinggir jalan nan sempit. Mobil saya pernah kesenggol bempernya,,,dan petugas di sana tidak komen apa-apa, padahal dia melihat kejadiannya? Kalau saya gak komplen, petugasnya diam saja…weh-weh-weh-weh!!!!

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

About these ads

14 Tanggapan to "Curug Panjang,,,,alami dan bersih"

Saya mau tanya mana lebih baik gambar “Natural Swimming Pool” di atas, jika gambar air seperti di atas (bagaikan asap/kapas) dengan gambar air yang tampak jernih dan terdeteksi terlihat ada cipratannya menurut Bapak bagus yang mana ??? Thx

Pak Hadi, kalo masalah bagus mana, menurut sy sih selera yang menikmati sih pak. Yang jelas teknik foto berbeda bisa menghasilkan hasil berbeda pula…Bagi sy, foto yang bagus, kalo sesuai dengan apa yang sy ingin kan…begitu pak Hadi,,,tks.

Okey ! Thank you atas tanggapannya ……, saya juga coba menggiring temen2 saya untuk mengunjungi website fotoindah bapak, mudah2an ada yang kecantol …..! Thank

sama-sama pak hadi, terima kasih.

Untuk photo pemandangan seperti curug ini, mana yg lebih baik apakah curug aja yg polos sehingga kelihatan aslinya/natural?, atau ada orangnya yg dapat dijadikan POI?

Wah, sebenarnya itu masalah selera sih Pak Taufiq…kadang orang dimasukkan untuk membuat perbandingan ukuran, jadi tahu seberapa besar area yang kita foto, disisi lain adanya orang untuk menambah dinamis foto ajah. ..begitu pak.

Ah.. gambarnya bagusss…
nanti kita udah jauh1 ke sana, tempatnya berserakan sampah lagi…
kyk wisata air jatuh yg lain..

hmm… di tengok dri ke 4 foto itu, ada yg di edit pke Software raster tuh…

makasih Om Andrea…waktu sy ke sana sih kondisinya bersih, mudah-2an tetap terjaga…Betul, semua foto di retouch sedikit dulu sebelum di tampilkan…

Kapan ke Balikpapan Mas Budi? Hub saya, nanti saya ajak puter…….

Wah…Asikkk…Ok Pak Hendra, Insya Allah, kalau berkunjung ke Balikpapan!! Trims.

Boleh nanya arahan menuju ke curug panjang dong..

ya kurang lebih seperti yang sy tulis di blog ..

mau tanya klo akses naek motor enak nya lwt mana boss,,

pokoknya lewat jalan ciawi arah puncak, terus belok kanan ketika ada plang “Unilever training center”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Budi Purnomo

Haloo,..Saya yang ngelola Blog ini. Salam kenal !! Saya hobies beraat fotografi dan dengan senang hati dapat berbagi ilmu fotografi kepada Anda. Anda ingin ilmu, tips and trick dan wawasan yang lebih dalam lagi? Silahkan bergabung di website belajar fotografi online saya (fotoindah.com), maka, foto indah akan anda hasilkan !!! Ok, semoga blog ini bermanfaat dan terus lah memotret. Salam...

Kategori Tulisan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: